Apa Fungsi Tulang Bagi Tubuh Manusia?

Manusia adalah salah satu bagian dari makhluk yang memiliki tulang belakang, dalam dunia hewan disebut dengan vertebrata. Tulang bagi manusia berguna untuk memberikan bentuk pada tubuh kita, selain itu juga berfungsi untuk menopang tubuh kita.
Coba bayangkan jika kita tidak memiliki tulang? Apa jadinya yaa, apakah kita masih bisa berdiri, bisa berlari? Mungkin kita akan seperti cacing yang dia tidak bisa berdiri, jika jalan maka merayap.
Emmm aneh bukan kalau manusia tidak memiliki tulang? Maka dari itu tulang bagi manusia adalah salah satu bagian yang penting, bahkan jika mengalami kendala seperti patah tulang misalnya, manusia sudah kesusahan untuk bergerak.
Kali ini kami akan membahas tentang fungsi tulang bagi tubuh, artikel ini saya dapat referensi dari sebuah artikel yang berjudul fungsi utama tulang bagi tubuh. Silahkan baca artikel tersebut jika ingin informasi yang lebih lengkap lagi, okee guys !!

Fungsi Utama Tulang Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa kegunaan tulang bagi tubuh manusia :
  1. Memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita.
  2. Sebagai pelindung organ dalam, misalkan saja ada tulang rusuk yang melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak.
  3. Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang.
  4. Pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha (femur) tulang juga berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah. Sel darah dibentuk di bagian sumsum tulang, yaitu jaringan lunak yang terdapat di bagian tengah tulang.

Comments

Popular posts from this blog

Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017

Diklat Bagi PNS Bertujuan Untuk